468x60 Ads

Web is a World Window


Sesuai judul diatas, di blog ini saya akan membahas tentang web. Banyak orang tahu website hanya dari nama atau pengertiannya saja secara basic atau dasar. Faktanya hanya sedikit orang tahu tentang itu. Nah, untuk itu disini saya akan menjelaskan Apa itu web, sejarah web, dan juga arsitektur atau rancangan web.

Dulu, banyak orang mencari informasi yang mereka inginkan dengan bersusah-payah untuk membeli sebuah buku. Sangat sulit sekali untuk meraihnya dikarenakan jarang orang yang menjual buku dan ditambah jaraknya berpuluh-puluh kilometer untuk mendapatkan buku yang mereka inginkan. Adapun opsi lain yang mereka pilih adalah harus menemui guru atau pengajar mereka agar bisa mendapatkan informasi tersebut. Sulit dan susah bukan?

Tetapi sekarang, dengan adanya teknologi khususnya internet dan web, informasi tersebut bisa didapatkannya dengan mudah. Tinggal masuk ke mesin pencari seperti Google, masukkan key wordnya, dan akan tampil link-link sesuai key word yang dimasukkannya. Mudah dan sangat efisien karena tidak membuang waktu yang banyak. Hanya beberapa detik saja, informasi yang dicari akan muncul dan langsung didapatkannya. Itulah salah satu keuntungan adanya teknolgi internet dan web.

Nah, setelah menjelaskan sedikitnya bagaimana mudahnya mendapatkan informasi tersebut di zaman ini, sekarang kita akan membahas tentang sejarah internet, web, dan arsitektur web. Kenapa harus internet dulu yang saya jelaskan? Karena tanpa adanya internet maka web pun takkan pernah ada. Jadi, internet merupakan cikal bakal adanya web.

1.Sejarah internet


Internet (international networking) merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan seluruh aspek yang ada di dunia ini. Menurut wikipedia, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).


Proyek tersebut tujuannya untuk keperluan militer. Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Itulah sedikit tentang sejarah internet yang awalnya merupakan sebuah proyek yang disebut ARPANET yang efeknya bisa kita rasakan sampai saat ini. Dahsyat bukan?

2.Sejarah web


Website atau yang sering kita sebut web adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 2 :




1.Web Statis



Sebuah website dimana tampilan halamannya tidak berubah-ubah. Website statis ini biasanya jarang di update/diperbaharui, baik isi maupun tampilannya. Kalaupun di update, itu sangat jarang dan dalam waktu-waktu tertentu saja. Biasanya website statis ini tidak menyediakan kolom untuk berkomentar bagi para pengunjungnya. Sering disebut bahwa web statis merupakan web yang monoton karena tidak bervariasi.



2.Web Dinamis



Sedangkan web dinamis adalah kebalikan dari website statis. Website dinamis berarti halaman dan isinya pun dapat berubah–ubah. Kebanyakan website saat ini adalah website dinamis karena isinya dapat di update setiap hari. Sebagai contohnya adalah website-website berita, blog, tutorial, situs social networking, dll.

Dari keterangan diatas, dapat diambil kesimpulan, website dinamis itu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

•Isi/konten selalu di update sehingga jumlah halamannya terus bertambah
•Mudah dalam menambahkan konten baru karena memang ini yang diutamakan
•Konten terbaru selalu berada di urutan pertama karena untuk memperjelas konten yang diupdate
•Pengunjung dapat memberikan komentar pada sebuah konten yang di sajikan. Apalagi kalau berisi tutorial maka pengunjung bisa bertanya ketika ada yang belum paham.

Itulah sejarah web dan perbedaan antara web statis dan dinamis. Nah, di dalam web pastinya ada konten dan isinya harus menarik konsumen. Oleh karena itu, web mempunyai arsitektur web atau perancang web untuk mendesign tampilan web agar dinamis dan mempunyai daya tarik bagi user atau pengguna internet. Penjelasannya akan dibahas pada bagian ke-3.


3.Arsitektur web


Untuk memperindah web harus ada rancangan tampilan web itu sendiri agar terkoordinir dengan baik dan teratur tidak acak-acakkan supaya visitor atau pengunjung web akan kembali pada web tersebut. Oleh karena itu, banyak aplikasi yang tersedia sekarang untuk merancang web agar menjadi indah. Seperti dreamweaver, gimp, dan masih banyak aplikasi yang lainnya. Satu lagi yang perlu diingat, salah satu ilmu design atau arsitektur web adalah harus dan wajib memakai yang namanya CSS.



CSS yang memiliki kepanjangan Cascade Style Sheet ini digunakan para web designer untuk mengatur style elemen yang ada dalam halaman web mereka, mulai dari memformat text, sampai pada memformat layout. Tujuan dari penggunaan CSS ini adalah supaya diperoleh suatu kekonsisten style pada elemen tertentu. Jadi CSS merupakan suatu hal wajib untuk merancang isi atau konten web agar menjadi indah untuk dilihat dan menambaha visitor dalam web tersebut.

Itulah sedikit dari penjelasan sejarah internet, web, dan arsitektur web. Walaupun hanya sedikit yang dibahas tentang web, tetapi secara garis besar tulisan diatas mewakilkan pengertian dari internet, web, sekaligus rancangan web itu seperti apa.



Nama : Haris
NPM : 53410141
Kelas : 2IA04

1 komentar:

{ yudhaardiansyah } at: 15 Maret 2012 pukul 06.47 mengatakan...

maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

Posting Komentar